Rabu, 01 Januari 2014

HIDUP SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW




Hidup sehat, siapa yang tidak mau? Ternyata, pola hidup sehat itu sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh Rasulullah SAW. Namun, faktanya banyak umat Rasulullah yang tidak begitu percaya / tidak 100% percaya terhadap pola hidup yang dianjurkan Rasulullah.

Tetapi, setelah banyak dilakukan pengujian faktanya anjuran-anjuran yang dicontohkan oleh Rasulullah itu memanglah terbukti ada manfaatnya. Seperti makan atau minum berdiri, Rasulullah melarang setiap umatnya untuk berlaku demikian karena itu dianggap sebagai perbuatan binatang (karena binatang kalau makan / minum itu selalu berdiri).

Fakta lain, bahwa ternyata jika kita makan berdiri akan sangat buruk dampaknya bagi tubuh. Seperti apakah Tips-tips hidup sehat ala Rasulullah SAW? Berikut adalah 13 Tips Hidup Sehat Wal Afiat Ala Nabi Muhammad SAW (Rasulullah).


1. Jangan Gunakan Antibiotik 
Seringkali kita sakit dan disolusi antibiotik oleh dokter sebagai penyembuhnya. Padahal antibiotik adalah obat kimia yang seringkali hanya meredakan rasa sakit dan tidak mensolusi penyebab timbulnya sakit.

Mengkonsumsi obat kimia dalam jumlah banyak bisa menimbulkan rendahnya kekebalan tubuh terhadap penyakit. Solusi yang paling baik, carilah obat-obat alami untuk menyembuhkan, semisal madu, habatusauda, zaitun dan herbal lainnya. Boleh jadi reaksinya lebih lambat dibanding antibiotik, tetapi itu membangun imunitas tubuh terhadap penyakit.

2. Hindari Makanan Instan
Mie, fast food dan soft drink boleh jadi enak dirasa, tapi dalam jangka panjang bisa meruntuhkan keehatan kita. Pencernaan dan ginjal seringkali bermasalah saat kita mengkonsumsi fast food dan soft drink. Bahkan saya sering menemui, orang yang gemar minuman suplemen ginjalnya hancur. Makanlah makanan asli bukan makanan buatan.

3. Mengunyah Makanan
Seringkali karena kita terburu-buru saaat makan tidak jenak. Yang terjadi adalah makan masuk mulut tanpa mengunyah cukup dan langsung masuk lambung. Kurangnya mengunyak menyebabkan usus bekerja keras mencerna makanan. So, bantu dengan gigi kita untuk melembutkan makanan dan memproduksi air liur.

4. Pola Makan
Makanlah saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ini termasuk aturan yang cukup sulit, biasanya kalau sudah makan enak sulit berhenti.

6. Jaga Makan Malam
Terlalu banyak makan malam tidak baik bagi kesehatan. Jangan sampai waktu istirahat, perut justru bekerja keras mencerna makanan. Konon, makan banyak sebelum tidur bisa menyebabkan diabetes. Seringkali orang panjang umur saat makan malam dengan buah dan makanan yang tidak membebani pencernaan.

7. Hindari Vitcin
Vitcin atau penyedap rasa memang bikin enak di lidah, tapi tak bersahabat bagi kesehatan. Jerry menjelasakan vitcin sebagai salah satu penyebab kanker. Saat ini kita sering mendengar begitu banyak orang meninggal karena kanker, padahal jaman nenek moyang kita jarang kita dengar penyakit ini.

8. Hindari Vaksin
Vaksinasi sebagai alat untuk membentuk kekebalan tubuh ternyata tidak semuanya benar. Untuk hal ini saya punya pengalaman. Anak saya pernah saya vaksi BCG atau anti TBC saat masih bayi, yang terjadi malah anak saya terserang flek diparu-parunya. Feeling saya, vaksin inilah yang menyebabkan penyakit tersebut.

9. Rajin Olahraga
Asupan makanan dengan kandungan gizi melimpah harus dibakar dengan aktifitas yang cukup. Kebanyakan energi karena makanan dan tidak dibakar bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Jadi penyakit tidak hanya disebabkan oleh kurang gizi, tetapi kelebihan gizi dan tidak dibakar bisa menimbulkan penyakit.

10. Makanlah Makanan Sebenarnya
Agar tubuh kita sehat, makanlah makanan sebenarnya seperti makanan nenek moyang kita. Jangan dimakan apa yang tidak dimakan oleh nenek moyang kita. Makanan sekarang banyak sekali campuran kimianya, jadi makanan seperti sayur mayur dan sejenisnya jauh lebih sehat dibanding makanan fast food yang dikemas rapi dan rasanya menggoda lidah.

11. Jangan Makan atau Minum Sambil Berdiri
Di antara sebab di larang minum berdiri ialah, menurut pakar perubatan Dr Abdul Razzak Al-Kailani “Sesungguhnya makan dan minum duduk lebih baik dr segi kesihatan, lebih selamat, lebih puas; dimana makanan dan minuman lalu di dinding perut dgn tenang. Adapun minum berdiri menyebab cecair akan jatuh ke dasar perut dgn keras dan akan melanggar lapisan perut. Kalau perkara ini selalu berlaku dan lama masa berlalu akan menyebabkan perut akan longgar dan jatuh sehingga menyebabkan susah nak hadam. Begitu juga dengan makanan.”

Selain itu, ternyata secara perubatan, dalam tubuh kita terdapat penapis sfringer. Saringan tersebut dapat terbuka ketika kita duduk, dan tertutup ketika kita berdiri. Air yang kita minum belum 100% steril untuk di olah oleh badan. Apabila kita minum sambil berdiri, maka air tidak tersaring oleh sfringer kerana tertutup. Air yg tidak tersaring oleh sfringer terus masuk ke kantung kencing, boleh mnyebabkan penyakit kristal ginjal.

12. Spiritual
Betapa penting kesehatan spiritual terhadap kesehatan fisik. Banyak sekali orang jatuh sakit karena gangguan psikis. Boleh jadi kondisi tubuh sehat, makanan bergizi cukup, namun karena kondisi psikis berupa kesedihan, permasalahan hidup yang pelik atau terkena musibah sehingga menggoncangkan sendi-sendi jiwanya dapat menghantarkan tubuh menjadi sakit. So, selalu dekatlah pada Allah SWT.

13. Jangan Tiup Makanan atau Minuman Yang Panas
Seringkali kita melihat, seorang Ibu ketika menyuapi anaknya makanan yang masih panas, dia meniup makanannya lalu disuapkan ke anaknya. Benarkan cara demikian?

Cara demikian tidaklah dibenarkan dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman.
Sebagaimana dalam Hadits Ibnu Abbas menuturkan "Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya". (HR. At Turmudzi ).

Berdasarkan hasil pengujian: Ternyata dari salah satu milis kimia di Indonesia, ada yang menjelaskan secara teori bahwa: apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2 yaitu carbon dioxide, yang apabila bercampur dengan air H20, akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic.

Dan saya ingat juga bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas, hal ini juga dilarang, ternyata saya baru tahu sekarang hikmahnya, bahwa ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar