Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Me-Rename File Banyak Sekaligus





File dalam computer kadang-kadang memerlukan nama yang mirip agar membuatnya menjadi mudah untuk dikenali. Salah satu file yang sering dibuat mirip namanya adalah file film. Jika kita senang mengoleksi film, tentunya kita sering kali menemui film dengan episode yang lebih dari satu seperti film anime dan yang lainnya. Selain itu, file hasil download yang dipecah menjadi beberapa part juga mempunyai nama yang sama dan hanya belakangnya saja yang berbeda seperti part, atau ekstensi seperti 001 dan sebagainya.



Namun terkadang pada saat kita mendownload file yang dipecah menjadi beberapa bagian, kita sering kali menemui nama file yang tidak sama dengan yang lainnya sehingga kita harus me-rename file tersebut satu-satu dan hal ini tentu saja akan memakan waktu, belum lagi tangan kita akan merasa pegal atau malas jika mengetikkan nama yang sama untuk beberapa file. Jika file tersebut hanya beberapa saja, mungkin itu tidak masalah. Akan tetapi jika file tersebut ada puluhan dan anda harus berulang-ulang menamainya, tentu saja hal ini akan membuat anda bosan. Nah, kali ini ada tutorial untuk menamai file dalam jumlah yang banyak hanya dalam sekali rename. Berikut tutorialnya:


  • Pilih file yang ingin anda namai secara langsung. Anda bisa menekan Ctrl untuk multiple select. Anda juga bisa memblok semua file yang ingin anda namai secara langsung.
  • Setelah itu, klik kanan pada nama file tersebut, kemudian pilih rename.
  • Selanjutnya, ketikkan nama file yang diinginkan (tanpa mengetikkan part atau ekstensi).
  • Maka computer secara otomatis akan menamai file tersebut dengan nama yang sama dengan tanda dibelakangnya, misalnya (01), (02), (03), dan seterusnya.

  • Jika anda tidak menginginkan angka dari (01), anda dapat menamainya dengan menyertakan tanda pada saat rename. Misalnya: naruto shippuden(12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar