Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Mengembalikan Data Yang Tekena Virus




Flashdisk saat ini pasti sudah menjadi barang yang sangat menjamur di pasaran. Flashdisk ini memang menjadi andalan untuk menyimpan file-file yang ukurannya tidak terlalu besar, seperti file Microsoft Word, gambar, dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya kita menggunakan flashdisk untuk menyimpan file-file yang penting dan sering dibutuhkan pada saat kita tidak membawa laptop / tidak sedang berada dekat dengan computer kita. Atau bahkan kita menggunakan flashdisk untuk backup file yang kita simpan pada computer yang bukan milik kita, sehingga kita mempunyai file tersebut. Namun flashdisk biasanya sering menancap pada banyak computer, dan hal ini menyebabkan flashdisk menjadi rentan terkena virus.

Jika sudah terkena virus, biasanya file yang ada dalam flashdisk akan rusak atau tersembunyi oleh virus tersebut. Lalu bagaimana jika kita ingin mengembalikan file yang terhidden karena virus di flashdisk? Berikut adalah cara untuk mengembalikan file yang ada di flashdisk agar tidak terhidden oleh virus.

  • Sebelum kita melakukan langkah dibawah, kita terlebih dahulu harus menonaktifkan sementara antivirus yang ada pada computer.
  • Jika antivirus sudah dimatikan, silakan buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan cmd.
  • Pada jendela command prompt, ketikkan tulisan berikut ini: attrib –s –h f:*.* /s /d

  • Keterangan: huruf f: pada perintah diatas adalah lokasi flashdisk anda di computer. Anda bisa menggantinya sesuai dengan lokasi flashdisk anda di computer.
  • Tekan enter untuk mengembalikan file di flashdisk anda.
  • Jika sudah, sekarang lihat file di flashdisk anda apakah sudah muncul atau masih tersembunyi.
  • Jika masih tersembunyi, anda bias menggunakan OS Linux untuk melihat file di flashdisk anda, dan membackup pada hardisk computer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar