Sabtu, 01 Maret 2014

Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Di Dipan Komputer



Saat ini, kita pasti sering berhadapan di depan layar computer entah itu cuma 1 jam atau untuk sehari-hari. Perkembangan jaman saat ini memang membuat orang tidak bisa jauh dari yang namanya teknologi. Walaupun gadget sudah bertebaran dimana-mana, namun ternyata computer masih saja selalu menjadi andalan. Ini dikarenakan computer lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan gadget. Computer PC / laptop memang sering digunakan orang saat ini untuk sekedar mengetik, bermain game, atau aktifitas harian seperti menggunakan internet dan lainnya.

Aktifitas seperti ini tentunya akan membaut mata kita menjadi cepat lelah dan bisa saja membuat mata kita menjadi terkena rabun. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka kesehatan mata kita akan memburuk. Lalu bagaimana caranya agar kita tetap bisa menggunakan computer dengan waktu yang lama, namun kesehatan mata kita tetap terjaga? Nah, berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan mata jika berlama-lama di depan layar computer atau laptop.

Aturlah kecerahan layar computer anda sedemikian rupa sehingga nyaman saat dipandang mata. Jika anda menggunakan PC, aturlah tingkat kontras pada monitor agar tidak terlalu kontras, misalnya dengan mengatur kekontrasan sebesar 40-50% saja. Namun jika anda menggunakan laptop, anda bisa mengatur kecerahan layar laptop anda seminimal mungkin. Jika anda tidak tahu bagaimana meredupkan layar laptop, anda bisa menuju ke Control Panel, kemudian pilih Hardware and Sound > Power Options. Pada bagian bawah, anda bisa menurunkan brightness menjadi lebih kecil.
Jangan selalu menatap layar computer. Setiap 1 jam sekali, anda bisa mengalihkan pandangan mata anda ke arah yang lain seperti jendela atau yang lainnya. Direkomendasikan untuk memandang alam agar mata kembali segar
.
Anda bisa juga menambahkan layar khusus atau mika khusus yang berfungsi untuk mengurangi radiasi dari layar computer sehingga mata anda akan lebih terjaga.



Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A sehingga kesehatan mata anda akan lebih terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar