Senin, 01 April 2013

CARA MEMBUAT POSTINGAN YANG BAIK DI BLOG



Artikel/postingan adalah salah satu unsur terpenting pada aktifitas blogging, karena tujuan kita blogging adalah membuat artikel yang bermanfaat. Setiap postingan akan mencerminkan postingan yang lain, oleh karena itu membuat postingan tidak boleh sembarang agar pembaca tidak kecewa dan enggan kembali ke blog kita. Tapi kalian tidak perlu khawatir disini saya akan membuat sebuah artikel bagaimana cara membuat postingan yang baik. Tapi perlu diingat ini adalah cara yang saya gunakan. tidak menutup kemungkinan setiap blog memiliki tata kalimat yang bebeda beda.

Berikut carannya :


1. Mencari ide
Mencari ide adalah langkah dasar untuk membuat sebuah postingan, banyak cara yang kita gunakan untuk mencari ide postingan, mulai dari berkunjung ke blog lain, membaca buku, melihat film dan lain lain. Misalnya saya mendapatkan ide “cara agar twitter banyak di follow”



2. Membuat kerangka postingan
Yaitu dari ide yang kita dapat, kita mencari pokok dari setiap pembahasan ide tersebut. Misalnya dari ide “cara agar twitter banyak di follow” pokok pembahasan yaitu:
 “dengan

·Promosi di fb
·Sering follow back
· Memakai Foto unik”



3. Mengembangkan kerangka menjadi paragaf
Yaitu membuat kalimat keterangan dari kerangka postingan. Misalnya dari contoh kerangka diatas dapat kita kembangakan menjadi paragraf seperti berikut ini



“”CARA AGAR AKUN TWITTER BANYAK DI FOLLOW“”

Selain facebook, twitter adalah salah satu jejaring sosial yang digunakan banyak orang. Twitter memiliki beberapa perbedaan dari facebook, perbedaan tersebut menjadi salah satu kelebihan dari jejaring sosial fb. Jika kalian memiliki akun twitter, tentunya tidak asing dengan istilah follow, atau dalam bahasa indonesianya ikuti. Pengguna twitter ingin di follow banyak orang, dari situ saya terinspirasi untuk membuat artikel tentang cara agar akun twitter banyak difollow orang.


1. Promosi di fb
Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan, karena rata rata orang yang memiliki akun twitter maka mereka juga punya akun facebook. Dengan begitu orang akan mengetahui akun twittermu

2. Sering follow back
Jika kita menfollow orang lain tentunya kamu juga ingin di follow
back. Begitu juga orang yang menfollow twittermu ingin di follow balik olehmu. Sehingga orang tidak ragu untuk menfolloow dirimu

3. Foto unik
Foto unik, di facebook sangat ampuh untuk banyak diadd orang, begitu juga twitter, dengan foto unik orang orang tertarik untuk berteman dan menfollow twittermu””

INGAT!!!
Dalam mengembangkan kerangka menjadi paragraf ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.
· Memakai bahasa yang sopan, tidak mengandung unsur SARA dan tidak menyinggung seseorang
· Kata yang dipakai adalah kata yang baku, tetapi boleh disisipi kata kata gaul, agar terlihat seperti akrab, misalnya “loe, gue” selain itu juga bisa bahsa asing, misal “maybe, thank”
· Ciptakan suasana enjoy, maksudnya agar pembaca tidak jenuh. Juga bisa disispi penjelasan, dan kalimat yang menghibur.

4. Mengkoreksi kalimat dan memperlengkap
Maksut dari mengkoreksi kalimat adalah membaca kembali artikel, siapa tau terdapat kekurangan huruf atau kalimat yang tidak pas/ tidak nyambung. Sedangakan maksud dari memperlengkap adalah melengkapi postingan dengan gambar illustrasi agar pembaca makin paham.


Demikian yang dapat sampaikan, semoga bermanfaat. Bye...bye..

3 komentar: